Sekolah SD tentu sudah tak lagi asing untuk Anda, kan? Sebagai salah satu jenjang pendidikan wajib di Indonesia, rupanya pendidikan SD memainkan peran yang sangat krusial. https://www.fiverestaurantmhk.com/

Maka dari itu, tak heran jika para orang tua selalu berupaya untuk memilih sekolah terbaik begitu putra-putri mereka menempuh pendidikan sekolah dasar.
Akan tetapi, sebenarnya apa yang membuat pendidikan dasar di SD sangat penting bagi anak? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda bisa terus simak penjelasannya di bawah ini terlebih dahulu.

Apa Itu Sekolah Dasar?

Sekolah Dasar (SD) merupakan jenjang paling dasar dalam pendidikan formal di Indonesia. Mengutip dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, pendidikan sekolah dasar merupakan pendidikan anak untuk usia 7 hingga 13 tahun sebagai pendidikan tingkat dasar  toto sgp sesuai satuan pendidikan, potensi, atau karakteristik daerah maupun sosial-budaya masyarakat setempat siswa SD.

Lebih jauh lagi, P2K Unkris menjelaskan bahwa pendidikan dasar di Tanah Air secara garis besar terbagi menjadi 2 (dua).

Pertama adalah yang dikelola oleh pemerintah, yaitu Sekolah Dasar Negeri dan berada di bawah ruang lingkup Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kedua adalah Madrasah Ibtidaiyah yang ada di bawah ruang lingkup Kementerian Agama (Kemenag).

Bukan hanya itu, ada juga sekolah dasar yang masih berada di bawah ruang lingkup Kemendikbud, tetapi berciri khas agama. Contohnya Sekolah Dasar Islam dan Sekolah Dasar Kristen.

Meski begitu, seragam SD negeri maupun bukan pada dasarnya sama, yaitu atasan berupa kemeja berwarna putih dan bawahan rok atau celana berwarna merah, dan biasanya juga menjadwalkan seragam coklat Pramuka untuk hari tertentu atau saat siswa mengikuti ekstrakurikuler Pramuka, seragam putih-putih, maupun seragam identitas sekolah, terutama untuk SD non-negeri.

Melansir dari Kelas Pintar, secara garis besar materi untuk pelajaran SD adalah sebagai berikut:

  • Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).
  • Bahasa Indonesia.
  • Matematika.
  • Seni Budaya dan Prakarya (SBdP).
  • Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK).
  • Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
  • Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Tentu saja tingkat kesulitan masing-masing pelajaran berbeda untuk tiap tingkatan atau kelas. Sebagai contoh, materi MTK SD untuk kelas 1 tentu jauh lebih sederhana daripada materi pelajaran kelas 3 untuk mata pelajaran yang serupa.

Apa Tujuan Pendidikan Sekolah Dasar?

Pendidikan nasional memiliki tujuan untuk mengarahkan perkembangan potensi siswa untuk menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, cakap, sehat, kreatif, berilmu, mandiri, serta menjadi warga negara demokratis dan bertanggung jawab (sumber: Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi).

Dari halaman Laboratorium School UN PGRI Kediri, terdapat penjelasan bahwa pendidikan sekolah SD atau pendidikan dasar bertujuan untuk meletakkan kecerdasan dasar, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Di samping itu, pendidikan dasar ini juga bertujuan untuk membentuk anak sebagai individu yang dapat hidup di dalam lingkungan sosial (berkelompok).

Oleh karena itu, bisa Anda simpulkan bahwa esensi dari tujuan penyelenggaraan pendidikan dasar adalah:

  • Mendidik siswa agar beriman dan bertaqwa kepada Tuhan.
  • Membimbing dan mengarahkan siswa ke arah yang positif, berakhlak mulia, kritis, berjiwa besar, dan cerdas.
  • Memupuk rasa cinta tanah air dan bangga untuk mengisi hal yang bertujuan untuk membangun diri sendiri, bangsa, dan negara.
  • Membawa siswa SD untuk mampu menghasilkan prestasi di jenjang pendidikan berikutnya.