Site icon RSIA Paramount – Informasi Terbaru Mengenai Pendidikan dan Universitas 2023

Tentang Jurusan Statistika dan 10 Prospek Kerja Lulusan Statistika

Tentang Jurusan Statistika dan 10 Prospek Kerja Lulusan Statistika

rsiaparamount.com – Statistika, boleh dibilang, cabang dari Matematika. Kalau kuliah di Jurusan Matematika itu membuat kita ketemu dengan banyak angka, begitu pula mahasiswa yang kuliah Statistika. Bedanya, Statistika cenderung lebih terfokus pada data serta pengolahannya.

Apakah kamu suka Matematika? Kalau jawabanmu iya, kuliah di Jurusan Statistika mungkin pilihan yang menarik. Namun tunggu dulu, jangan buru-buru. Gunakan Minat Pintar untuk memastikan pilihan jurusan kuliahmu. Siapa tahu, barangkali kamu bakal mendapatkan rekomendasi pilihan jurusan-jurusan kuliah yang lain juga.

Kuliah Statistika artinya kita belajar tentang pengumpulan, penggolongan, analisis, interpretasi, hingga presentasi data. Data statistik yang dihasilkan atau togel hongkong dipresentasikan harus mudah dipahami. Pasalnya, informasi yang yang diperoleh dari presentasi data tersebut akan digunakan untuk berbagai kepentingan, terutama untuk pengambilan keputusan.

Karena masih menjadi bagian dari Matematika, pemahaman Matematika yang baik mutlak diperlukan kalau ingin survive di Jurusan Statistika. Namun jagoan Matematika saja tak cukup. Kita juga harus punya kemampuan organisasi dan analisis data. Bahkan jika perlu, mahasiswa yang kuliah Statistika juga harus belajar programming!

Alasan Memilih Jurusan Statistika

Jurusan Statistika adalah jurusan yang keberadaannya makin dibutuhkan seiring pemanfaatan big data dalam perusahaan maupun instansi pemerintahan. Alasan pertama yaitu terkait pengelolaan data. Statistika merupakan cabang ilmu yang mampu mengelola banyak data sehingga banyak dibutuhkan oleh perusahaan.

Alasan kedua yaitu saat ini penggunaan data dalam sistem informasi digital sering digunakan. Sehingga, dibutuhkan seorang tenaga ahli statistika untuk memproses data-data tersebut. Alasan selanjutnya kamu harus memilih jurusan Statistika yaitu karena jurusan ini adalah jurusan yang memiliki peluang sangat menjanjikan untuk menjadi aktuaris di perusahaan asuransi, dana pensiun, konsultan aktuaria, investasi, dan manajemen risiko.

Alasan yang tidak kalah penting yaitu IDN Toto instansi pemerintah maupun perusahaan di bidang industri apapun membutuhkan tenaga ahli statistika untuk melakukan survei dan mengelola data.

10 Prospek Kerja Statistika dan Gajinya

1. Data Engineer

Lulusan statistika juga bisa menjadi seorang data engineer. Untuk bekerja di posisi ini, Anda harus memiliki kemampuan bahasa pemrograman, seperti Python, Java, R, dan SQL yang akan berguna untuk dikolaborasikan dengan data scientist.

2. Aktuaris

Prospek kerja statistika dan gajinya yang pertama adalah menjadi seorang aktuaris. Profesi ini bergerak di bidang keuangan. Seorang aktuaris harus memahami risiko keuangan di bidang asuransi dan keuangan dengan berbagai metode statistika dan matematika. Oleh karena itu, lulusan statistika dapat menjadi seorang aktuaris.

3. Data Analyst

Ahli statistika juga bisa menjadi seorang data analyst. Seorang data analyst bertugas untuk mengambil data, menggunakan jawaban pertanyaan, sekaligus melakukan komunikasi hasil guna membantu perusahaan mengambil sebuah keputusan. Bedanya profesi ini dengan data scientist adalah bahwa profesi ini lebih menekankan pada penggunaan analisis data untuk membantu marketing perusahaan.

4. Data Scientist

Jika Anda lulusan statistika, Anda juga bisa menjadi seorang data scientist. Seorang data scientist memiliki tugas untuk membersihkan, memproses, sekaligus mengolah big data yang telah dikumpulkan oleh data engineer.

5. Financial Analyst

Sebagai lulusan statistika dan tertarik dengan analisis keuangan, Anda bisa bekerja sebagai financial analyst sebuah perusahaan. Financial analyst juga menjadi prospek kerja statistika yang cukup diminati. Gaji seorang financial analyst sebesar Rp4 juta atau bahkan lebih setiap bulannya.

6. Software Engineer

Profesi software engineer tentu tidak hanya diperuntukkan bagi lulusan IT. Faktanya, lulusan statistika pun bisa menjadi seorang software engineer. Prospek kerja statistika sebagai software engineer membutuhkan pengetahuan tentang teknikal dan pemrograman.

7. Market Researcher

Market researcher cocok bagi Anda yang senang dengan analisis data dan menyukai tantangan. Tugas seorang market researcher adalah mengumpulkan dan menganalisis informasi yang nantinya akan digunakan klien Anda untuk membuat keputusan sosial, politik, dan ekonomi. Gaji seorang market researcher sekitar Rp7 juta per bulan.

8. Business Analyst

Anda juga bisa menjadi seorang business analyst jika Anda lulusan statistika. Seorang business analyst sebuah perusahaan bertugas melakukan analisis kegiatan bisnis agar bisa mencapai target perusahaan atau organisasi.

9. Mudlogger

Lulusan statistika juga bisa bekerja sebagai mudlogger. Mudlogger merupakan profesi yang berperan penting dalam pengeboran minyak dan gas dengan cara mengumpulkan informasi dari sampel batuan dan membuat log secara rinci.

10. Ahli Biometrik

Ahli biometrik merupakan profesi gabungan antara ahli Biologi dan ahli statistika. Oleh karenanya, Anda bisa menjajaki profesi ini dengan pengetahuan statistika yang Anda miliki. Anda bisa memberikan saran kepada perusahaan tentang masalah yang berkaitan dalam bidang kesehatan maupun biologi. Gaji seorang ahli biometrik terendah sekitar Rp8 juta per bulan dan tertinggi mencapai Rp27 juta per bulan.

Exit mobile version